Saturday, September 14, 2013

Pentingnya Belejar Bahasa Arab

Oleh : Muhamad Mahpudin / Pendidikan Bahasa Arab I
اقراباسم ربّك الذي خلق

Beranjak dari firman Allah SWT surat Al-Alaq ayat 1, dimana ayat ini adalah ayat pertama nabi uhammad SAW terima dari Allah SWT melalaui kekasihNya Jibril AS, nabi Muhmmad SAW yang tak dapat membaca, bahkan buta hirif kala itu, Allah memalui Jibril As meminta nya untuk membaca wahyu pertama di Gua Hira, hingga tiga kali hanya kata-kata “"ما انا بقارء hingga ketiga kali setelahkata-kata itu Rasullah dapat membaca nya dengan Izin Allah.
Kesimpulan semua hal ini adalah dimanan manusia haruslah terus berusaha untuk mengapai sesuatu, “bacalah” makna yang tersirt bukanlah makna yang hanya diartikan dengan bacalah, akan tetapi melebihi itu semua.
Itulah ayat l-Qur’an yang Allah turunkan pertama kali dengan berbahasa Arab, sekali lagi “dengan berbahasa arab” dengan hal ini sebagai umat islam sudahlah waib bagi setiap diri muslim dan muslimh untuk mempelajari bahasa arab khususnya, Karena pada hakikatnya Al-Qr’an telah Allah turunkan dengan berbahasa Arab, dalam Firmannya Allah Berfirman:
انّا انزلنه قراناعربيالعلّكم تعقلون
Artinya: Sesungguhna kami menurunkan berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kalian mengerti (Q.S Yusuf:2)
Perhatikan kata-kata akhir dari makna ayat diatas “agar kalian mengerti” sekali lagi “agar kalian mengerti”. Pertanyaan bagi umat islam khususnya adalah: Bagaimana bisa umat ISLAM memahami Al-Qur’an sedangkan mereka tidak dapat berbahasa Arab? 
            Mempelajari bahasa arab sudah menjadi kewajiban bagi umat islam khususnya, karena untuk memahami Al-Qur’an sebagaimana firman Allah diatas “agarkalian mengerti” maka untuk memahaminya kita haruslah mempelajari bahasa Arab.
            Inilah bahasa arab, bahsa Arab adlaah bahasa yang Allah turunkan untuk menjelaskan agama Islam khususnya, karena symbol agama Islam adalah “AL-QUR’AN” dan tidak ada satupun yang meragukan bahwa kedudukan bahasa Arab beserta semua ilmunya pada ilmu-ilmu islam laksana lisan pada Anggota Manusia. Bahkan dapat kita katakana juga bahwa bahasa arab dan ilmu-ilmu nya dengan islam laksana hati pada diri manusia. 
            Ibnu Katsir Rahimallahu berkata dalam tafsirnya:
“karena bahasa arab adalah bahasa yang paling fasih, yang jelas, yang paling luas, serta paling banyak dalam menyampaikan makna-makna yang terdapat dalam jiwa. Karena itulah kitab yang paling mulia diturunkan dengan bahasa Arab, bahasa yang paling mulia.
Maka kesimpulan nya adalah: bahwa mempelajari bahasa Arab sudahlah menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam, agar dapat memahami semua yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Keistimewaan Bahasa Arab:

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Allah SWT berfirman dalam surat Yusuf ayat 2, seperti yang tercatat dalam diatas, dan Allah juga telah berfirman dalam Al-Qur’an surat Az-Zukhruf ayat 3
انّا جعلنه قراناعربيالعلّكم تعقلون
“Sesungguhnya kami telah menjadikan Al-Qur’an dalam bahasa Arab, agar kalian memahaminya” (Q.S. Az-Zukhruf: 3)
2.      Bahasa Arab adalah bahasa nabi Muhamad SAW dan bahsa verbal para sahabat. Hadits-hadits  nabi yang sampai kepada kita dengan bahasa Arab.
3.      Susunan kata bahasa Arab tidak banyak. Kebanyaan terdiri dari tiga huruf saja. Ini akan mempermudah pemahaman pemahaman dan pengucapannya.
4.      Indahnya kosa kata bahasa Arab. Orang yang mencermati ungkpan bahasa Arab, ia akan merasakan sebuah ungkapan yang indah dan gambling, tersusun dengan kata-kata yang ringkas dan padat.

Pengaruh bahasa Arab untuk pendidikan
1.      Mempermudah pengesuan terhadap Ilmu Pengetahuan
Islam sangat menekankan pentingnya aspek pengetahuan melalui membaca. Allah Ta’ala berfirman “Bacalah dengannama Rabb-mu yang menciptakan”. (QS. Al-A’laq: 1)
Melalui bahasa Arab, orang dapat meraih ilmu pengetahuan. Sebab bahasa Arab telah menjadi sarana mentrasfer pengetahuan. Bukti konkretnya, banyak ulama yang mengabadikan berbagai disiplin ilmu dalam bait-bait sya’ir yang lebih dikenal dengan Naazham (manzhumah dan nazhaman). Dengan ini, seorang akan relative lebih mudah mempelajarinya, lantaran tertarik pada keindahan  susunanya, dan menjadi keharusan untuk menghafalnya bagi orang yang ingin benar-benar menguasainya dengan baik.

2.      Meningkatkan ketajaman daya fikir

Dalam hal ini, umar Bin Khattab berkata:
“pelajarilah bahasa arab . seungguhnya ia dapat menguatkan akal dan menambah kehormatan”.
Pengkajian bahasa rab akan meningkatkan daya fikir seseorang, lantaran dalam bahasa Arab terdapat susunan bahasa Indah dan perpaduan yang serasi antar kalimat. Hal itu mengundang sesorang untuk mengoptimalkan daya imajinasinya. Dan inilah salah satu factor yang secara perlahan akan menajamkan kekuatan intelektual seseorang. Pasalnya, seseorang diajak untuk merenungi dan memikirkannya.

Referensi:
1.      Al-Atsaru At-Tarbawiyah Li Dirasati Al-Lughoh Al-Arabiyyah, karya Dr. Khalid bin Hamid Al-Hazimi, dosen fakultas Dakwah dan Ushuludin Universitas Islam Madinah.
2.      Thuluzzaman.bologspot.com
3.      Penuntutilmu.com

4.      Salafysanyumas.blogspot.com

Gotor, Kampus Siman 14 September 203

0 comments:

Post a Comment