Saturday, September 14, 2013

Pentingnya Memahami Ilmu Perbandingan Agama

Oleh : Muhammad Miftahussurur Surabaya / PA 2

Kehidupan manusia yang penuh dengan ketergantungan membuat kita selalu membutuhkan suatu Dzat yang kita gunakan sebagai sandaran dalam menghadapi setiap problematika kehidupan. Hal ini memicu setiap insan untuk mencari kebenaran dan rahasia Sang Pencipta akan hakekat dari penciptaan manusia. Sehingga dari berbagai macam pemikiran dan karakter, akhirnya muncullah berbagai macam keyakinan dalam hidup yang berbeda-beda.
Masing-masing dari kita memegang teguh keyakinan kita, atau kita sering menyebutnya dengan Agama. Pada dasarnya kita menganggap bahwa agama yang kita yakini adalah benar, karena sejak kecil kita telah diajarkan tentang norma-norma serta hukum dalam agama oleh orang tua kita atau lingkungan sekitar. Maka terkadang tidak heran ketika masing-masing dari kita berpindah keyakinan ketika menjelang dewasa. Adapun faktor-faktor yang mendukung anak tersebut untuk berpindah agama adalah untuk mencari keyakinan yang diyakini bahwa hal itu merupakan yang paling benar. Itulah sebabnya mengapa setiap dari kita harus memahami ilmu Perbandingan Agama. Bahkan dari kesalahpahaman terhadap agama dapat menimbulkan kesesatan yang mengakibatkan peperangan untuk menjunjung tinggi keyakinan tersebut, seperti perang salib dan Holocaust. Namun berbeda pada periode terakhir saat ini yang kebanyakan dari mereka menggunakan para misionaris yang tersebar di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia yang bertugas untuk menyebarkan agama mereka.
            Islam, Kristen, Yahudi, dan agama lainnya adalah agama yang memiliki tujuan sama. Yaitu menyembah pada Sang Penguasa namun dengan keyakinan yang berbeda-beda. Salah satu dari perbedaan tersebut adalah dalam pelaksanaan ibadah dan proses turunnya wahyu. Dari beberapa hal inilah para misionaris memanfaatkan cela yang terdapat dalam masing-masing ajaran yang membutuhkan pemahaman mendalam untuk mengacaukan iman serta keyakinan bagi orang-orang yang masih awam terhadap pemahaman agama. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan terbesar mengapa memahami ilmu Perbandingan Agama sangatlah penting. Karena dengannya kita bisa menemukan kebenaran dari setiap agama dan sebaliknya. Sehingga kita bisa menemukan manakah agama yang paling benar. Adapaun Prof. Dr. H. Mukti Ali dalam bukunya Ilmu Perbandingan Agama (Sebuah Pembahasan tentang Metodos dan sistema), mengungkapkan beberapa kegunaan dan manfaat ilmu Perbandingan Agama bagi seorang muslim adalah :
   1.      Untuk memahami kehidupan bathin, alam pikiran, dan kecendrungan hati pelbagai umat manusia.
   2.      Untuk mencari dan menemukan segi-segi persamaan dan perbedaan antara agama Islam dengan agama-agama bukan Islam.
   3.      Untuk menumbuhkan rasa simpati terhadap orang-orang yang belum mendapat petunjuk tentang kebenaran, serta menimbulkan rasa tanggung jawab untuk menyiarkan ebenaran-kebenaran yang terkandung dalam agama Islam kepada masyarakat ramai.
            Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mempeajari ilmu Perbandingan Agama merupakan landasan penting sebagai iman dan keyakinan kita untuk menemukan kebenaran dari tiap-tiap ajaran yang kita terima sekaligus sebagai benteng untuk melindungi diri dari pemurtadan yang dilakukan oleh para misionaris sekaligus mencegah untuk timbulnya kesalapahaman terhadap masing-masing agama supaya timbul rasa saling menghormati satu sama lain yang berbeda agama. Adapun manfaat lainnya adalah sebagai sarana dakwah untuk mengajak kepada agama yang paling benar.

Gontor, Kampus Siman 14 September 2013

0 comments:

Post a Comment